[recent]

Recent Post

3/recentposts

Nge-Blog, Inilah Caraku Memantaskan Kualitas Diri

1 komentar


Jadi penulis atau blogger? Sulit menjawab salah satu, keduanya punya keterkaitan. Penulis bisa jadi blogger, blogger harus melalui jalan penulis kalau mau disebut blogger. 

Aku sendiri tidak memiliki kiblat khusus siapa blogger idolaku, pikiranku terpatri intinya bikin postingan, postingan dan postingan, yah kadang seminggu sekali, paling malas satu bulan sekali. 

Sebenarnya aku belum dikatakan layak seorang blogger, karena masih kekurangan ilmu. Semakin bertemu relasi teman-teman blogger, menjadi tanda betapa rendah dan bodoh diri ini tentang dunia blogger. 

Blogger adalah jalan ninjaku melampiaskan amarah di kehidupan nyata. Aku dengan bebas meluapkan semuanya dengan kata-kata tanpa kepikiran "Siapa juga yang mau mengomentari tulisanku!!". 

Untuk menjadi blogger butuh keseriusan dan ketekunan, mau menerima masukan, nggak baperan, dan tidak malu bertanya. Syarat yang mudah ya kelihatannya hahaha. 

Kalau ditanya kamu ngeblog diajari siapa? Wah ini, jawaban fleksibel. Tidak ada orang yang mengajari saya, semua by otodidak google. Alhamdulilah hadirnya google sedikit meningkatkan keinginan ini wkwk. 

Emang dapet apa sih dari blog? Kepuasan. Hanya itu saja? Apa yang didapat akan sesuai dengan kerja keras yang sudah kita lakukan. Maka dari itu proses ngeblog tidak pernah aku share di media sosial. Tau tau sudah dapat job aja hehe. Kan bisa bikin teman-teman mupeng. 

Ada beberapa faktor blogger bisa meninggalkan dunia blogging. Diantaranya

1. Tak kunjung mendapatkan cuan

Hayo siapa yang kepikiran atau sering tanya "gimana caranya gan dapat uang dari blogger" Hei kau tanya seperti kamu punya orang dalam di perusahaan google, mana ada orang baru mendirikan bangun langsung siap huni. Gemesin deh pertanyaannya, biasanya pertanyaan kayak gini muncul karen orientasi ingin cepat bisa. Lah mana ada anak bayi baru lahir, mbok ya sebelum tanya perkataannya dipilah-pilah dahulu gitu. 

Para suhu blogger blogger kumpul, malah jawaban gini muncul "Ngepet bang cepet dapat uang banyak". Wah ribut tuh pasti, niat tanya malah dibikin sakit hati. Masalahnya mereka keseringan mendapatkan pertanyaan semacam itu, kalau mau cepat kaya jangan ngeblog mas mbak. 

Aku aja yang pernah bertanya karena masalah di GSC malah kena skak mat, "disitu kan udah jelas dimintai apa? Kok tanya terus sih" padahal kondisiku tidak ngerti apa maksud kesalahan di GSC, langsung aku searching memecahkan masalah di GSC, alhamdulillah berkat mbah google masalah terselesaikan. 

Sabar ngejalani blogging sama kayak cari jodoh nanti kalau udah nemu lifesytle nya apa? Pasti Tuhan kirim rejekinya, nggak bakal kok salah alamat. Sumber perdapat blog tidak hanya adsese, mgid, admobe, dipercata review produk sama brand itu juga rejeki loh. 

Sekali dapat job dari brand, kerjakan sesuai permintaan, marketing suka, beberapa bulan lagi kamu bakal dihubungi lagi. Udah dapat produk gratis, dapat fee juga. Lumayan bisa buat beli kuota smartphone.

2. Traffict masih stagnan

Jarang bikin postingan pastinya pengunjung makin sedikit, itulah kenapa kalau kalian sudah memutuskan ngeblog maka teruslah konsisten, ibaratnya blog itu channel kesayangan kamu, sudah ada penonton setianya, kalau upadate rutin maka penonton nggak bakalan lari, tapi kalau udpate ogah-ogahan penonton pelan-pelan tinggalin chanel kalian. 

Nggak perlu malu tulisan sendiri, sekalipun tulisan itu hanya membahas diary hidup kalian. Menjadi pemberani, percaya diri sangat diperlukan kalau ingin terkenal. Terkenal? Iya jadi blogger kamu harus siap-siap dikenal, semakin rajin kamu share artikel di media sosial, makin penasaran mengklik link blog kamu. 

Pelan-pelan belajar SEO kecil-kecilan, selangkah mendalami dunia blogging biar nggak saing, dan bisa kuat menghadapi gempuran plagiat konten diluar sana. Google sudah menyediakan misalnya ubbersuggest, aplikasi yang bisa untuk memantau berapa orang yang sudah menggunakan kata X di blognya. 

3. Tidak sabar 

Sudah rutin bikin postingan, sering share media sosial eh hasilnya gitu gitu aja, kok nggak ada peningkatan sih? Males ah, udah deh nggak diterusin. Tiba salah satu teman  blognya udah berkembang kelabakan tanya "gimana tipsnya bisa blog gak sepi?". 

Giliran udah bisa dapetin job dari bran ternama, penyesalan bertambah. "Kenapa nggak aku terus aja, biar dapat job kayak dia". Omongan seperti itu sudah kualami, buah dari kesusahan, perjalanan bertahun-tahun netijen nggak pernah tau prosesnya kayak apa, giliran enaknya aku pamerin di media sosial. 

Aku sadar diriku tak bisa dipisahkan dari blog, semakin aku ingin istirahat dari blogging, semakin merasa bersalah. Udah telanjur beli domain TLD, langganan hosting, beli template premium, ikut kelas blogging berbayar, karena alasan mager, nggak ada perkembangan malah berhenti

Pliss jangan berhenti ngeblog zila, ini itu jalan kamu agar dikenal orang. Ingat kan keinginan terbesar kamu, nama ALFIMANZILA masuk wikipedia, kalau searching nama Alfimanzila langsung keluar profil kamu. 

Kurailmu itu singgasana istana kamu, tempat kamu berteduh, tempat mengasah skill, memperdalam kemampuan dan platform agar kamu dikenal masyarakat dunia

Selamat Hari Blogger 27 Oktober 2021. Tetap optimis, semangat, menebar kebaikan manfaat bagi siapapun, tetap produktif, tidak mudah menyerah untuk kontribusi blogger Indonesia.

#bloggerperempuan

#bloggerperempuannetwork

#haribloggernasional




lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Yang nomor 1 kalau tujuan utamanya uang dulu, saya yakin ngeblognya tidak akan lama deh. Kita memiliki blog, memiliki tulisan di dalam blog kita, itu merupakan sebuah karya. Namanya karya yaa kalau berguna dan bermanfaat alhamdulillah, kalau tidak pun tetap terus berkarya. Nanti hasilnya akan mengikuti. Tidak mengejar hasilnya dulu, tapi karya nya, yah.. bisa dibilang biasa-biasa saja atau asal-asalan.

    Namanya karya apapun kan kita membuat sesuatu sampai karya tersebut sempurna. Kalau tujuannya sudah cuan, bekerja. Kalau tujuannya berkarya, bekerja sambil menyempurnakan karya tersebut. Ada janji manis bisa dapat penghasilan dari karya tersebut yaa kita ambil. Hitung-hitung itu bayaran atas karya-karya kita yang sudah kita buat.

    Traffic masih belum seberapa, itu tantangan. Buat target agar karya artikel kita bisa masuk page 1, bahkan number 1 mesin pencari Google. Alhamdulillah blog TOMTOMID memiliki beberapa artikel yang sudah masuk dengan belajar sedikit demi sedikit ilmu SEO secara otodidak.

    Kesabaran juga sangat penting. Ketika kita gagal, kita harus bersabar dan memperbaiki kesalahan untuk selanjutnya tidak akan gagal kembali. Salam dari saya kak, lama gak BW nih, baru pengen BW n curhat sendiri gak jelas. Hehehe Jangan lupa kunbalnya yaa kak. Wkwk

    BalasHapus

Posting Komentar