[recent]

Recent Post

3/recentposts

Ketika Semua TV Menampilkan Tayangan Harbolnas 12.12

Posting Komentar

 


12 Desember 2020 diperingati sebagai Hari Belanja Nasional atau biasa disingkat HARBOLNAS. Ajang Harbolnas menjadi momentum yang ditunggu khalayak konsumen untuk men-checkout barang belanjaan yang diinginkan. Dari mulai harga barang menjadi flash shale sampai gratis biaya ongkos kirim selalu menjadi iming-iming masyarakat yang kalap karena lapar mata.

Sebetulnya momen harbolnas tidak hanya terjadi saat 12.12 saja, sebelum-sebelumnya tiap di tanggal dan bulan yang sama, market place selalu meluncurkan tagline misal 11.11, 10.10 dan seterusnya. Lalu kenapa setiap tanggal dan bulan sama selalu ditunggu-tunggu momen flash shale atau gratis ongkir tanpa minimum pembelian?.

ANTV, RCTI, INDOSIAR, MNCTV, SCTV menayangkan siaran acara hari belanja nasional dengan mengundang penyanyi terkenal dari Korea. Mungkin ini salah satu trik dari mereka untuk menaikkan minta penonton agar menonton acara harbolnas.

Sudah menjadi agenda rutin masing-masing market place mem-booking beberapa stasiun tv setiap tanggal dan bulan yang sama.

Semua stasiun TV hiburan pilihan mereka borong untuk menayangkan siaran Harbolnas, yang sebenarnya tidak seberapa berfaedah.

Sebelum marketplace Shopee memborong semua stasiun tv untuk menayangkan harbolnas 12 Desember , justru Lazada lebih dulu menayangkan siaran harbolnas di tanggal 11 Desember. Hanya saja mereka memboking 2 stasiun saja yakni RCTI dan SCTV.

Karena hampir semua siaran tv menayangkan harbolnas, ratingnya masuk tiga teratas. Bagaimana tidak bagus? Semua stasiun dia borong.

Masyarakat yang benar-benar ingin menonton tv untuk sekedar melepas penat, mencari hiburan justru menjadi bosan menyasikan semua tayang isinya sama semua. Tentu semua masyarakat bisa menilai stasiun tv yang mereka borong adalah yang selalu menyajikan tayangan serial drama.

Tujuannya adalah mengajak masyarakat belanja online sebanyak-banyaknya, tidak peduli meski itu kebutuhan ataupun keinginan sesaat. Agar masyarakat mau mengelaurkan uangnya untuk belanja barang yang diinginkan dengan tipu muslihat gratis ongkir dan flash shale 12.12.

Masyarakat jenuh menyaksikan semua siaran tv sama-sama HARBOLNAS, justru mereka beralih stasiun lain untuk mencari tayangan menarik.

Stasiun pilihan yang bisa menjadi rujukan adalah TRAS TV, TRANS7 dan NETTV. Tidak lain pasti itu, sampai saat ini, stasiun itu adalah mereka yang konsisten menghadirkan tayangan hiburan, informatif, menarik walaupun tidak keseluruhan serial drama. Meskipun rating acara mereka jarang menduduki posisi teratas.

NET TV saat itu bisa menjadi pilihan, karena sedang menayangkan serial drama Turki bertajuk “HERJAI”. Serial drama ini lebih menarik untuk ditonton daripada siaran harbolnas.

Atau jika mereka kurang puas, mematikan TV menjadi pilihan tepat dan beralih menonton web series atau vlog di youtube.

 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email